Tabloid PULSA

Saturday, October 16, 2010

QR Code,Akses Web jadi Gampang

Pernahkah Anda menjumpai semacam gambar kode segi empat, yang berisi kotak-kotak warna hitam yang tersusun acak. Biasanya lambang ini ada dalam suatu artikel Koran
Ya, gambar kotak itu biasa disebut QR Code. Jika Anda biasa melihat barcode di produk-produk makanan atau consumers good, maka QR code merupakan pengembangan 2 dimensi dari barcode konvensional tersebut.

Apa itu QR Code?

QR code merupakan singkatan dari Quick Response Code. Pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Jepang Denso-Waves di tahun 1994. Saat ini Anda sudah dapat melihat
kode QR di berbagai media, spanduk, website, kaos, dan perangkat lain.

Kode QR dapat menyimpan link url, koordinat geografis, teks dan angka. Dibanding barcode biasa, QR memiliki ruang penyimpanan data yang besar. Untuk kode angka dan huruf, mereka mampu mneyimpan hingga 4,296 karakter. Bandingkan dengan barcode konvensional yang hanya mampu menyimpan 20 digit.

Bagaimana Mengakses QR code dari ponsel?

Untuk membaca kode QR, Anda membutuhkan QR reader. Aplikasi ini bisa didownload langung ke ponsel dengan mengetikkan alamat http://reader.kaywa.com di browser ponsel dan kemudian mengikuti petunjuk di dalamnya.


Anda juga dapat mendownload aplikasi QR reader melalui komputer di alamat http://reader.kaywa.com/getit. Sebelumnya, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi.


Sekarang, coba jalankan aplikasi QR reader di ponsel Anda. Arahkan kamera ke kode QR yang ada di cover depan atau di bawah ini.


Jika sukses, maka ponsel Anda akan meluncur ke alamat www.tabloidpulsa.co.id dan membuka halaman web ofisial tabloid PULSA.



http://www.tabloidpulsa.co.id/tipstrik/54-tipstrik/530-qr-codeakses-web-jadi-gampang

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles