Tabloid PULSA

Sunday, October 31, 2010

Membuat iPod Touch menjadi iPhone

Nah, mengapa iPod? Soalnya saya sudah punya smartphone, investasi iPhone baru tentu akan bikin kantong bolong, apalagi harga iPod yang hanya berkisar 1/3 dari iPhone. iPod prinsipnya sama dengan iPhone, kecuali dia ndak punya kamera, GPS, 3G, dan yang paling penting, ndak bisa buat telepon :( Dengan jailbroken iPod, kini hampir semua fungsi itu bisa dilakukan.

Caranya? Sederhana saja, silakan buka website Spirit Jailbreak ikuti petunjuk di sana (sangat mudah sekali), download software (matikan dulu anti virus di WIndows, soalnya ada false alarm, tapi insya Allah saya jamin aman softwarenya kok) spiritJB. Pasang iPod dengan USB ke PC/laptop, jalanin software jailbreak dengan compatibility mode Windows 98 (silakan googling how to-nya), dan kurang dari 10 detik, iPod akan terjailbreak (jailbroken). Default jailbreak akan memuat Cydia untuk install aplikasi-aplikasi jailbreak, tapi saya pilih menggunakan Rock (bisa diinstall via Cydia). Tampilannya akan seperti ini

photo seperti terlihat di samping, paling tidak ini beberapa aplikasi yang saya pergunakan untuk memiliki fungsionalitas layaknya iPhone.
1. Rock: dipergunakan untuk install aplikasi-aplikasi jailbreak (ini pengganti dari Cydia)

2. roqyBT: dipergunakan untuk menghubungkan unit bluetooth GPS (biasa saya pake sebelumnya dengan Windows Mobile, sudah punya sejak dulu) dengan iPod

3. xGPS: dipergunakan untuk navigasi turn by turn, menggunakan basis Google Map. Peta didownload terlebih dahulu via laptop, kemudian ditransfer ke iPod.

4. Siphon: aplikasi telephoni. Saya berlangganan SIP lewat pennytel.com.au, dan membayar kurang lebih 15 dolar Australia untuk mendapatkan nomer lokal Australia (saya pilih Brisbane, karena tinggal di Brisbane) untuk masa 3 tahun (alias 5 dolar atau sekitar 42 ribu rupiah per tahun). Dengan menggunakan ini, saya jadi bisa ditelpon via telpon biasa

5. Backgrounder: untuk menjadikan iPod bisa melakukan multitasking (seperti diketahui, hanya iPhone OS 4 – yang saat ini belum keluar, yang bisa melakukan multi tasking)

6. iBluever: untuk melakukan dial up networking via bluetooth ke HP. Yang berarti, di manapun saya bisa online tanpa tergantung keberadaan Wifi. Saat ini ada dua alternatif yang saya pakai, satu menggunakan HP Sony Ericsson G502 untuk konek 3G/HSDPA, dua menggunakan WMWifiRouter di HTC Touch Pro untuk membuat koneksi Wifi on the go. Sejauh ini sih, menggunakan WM Wifi Router lebih cepat aksesnya ketimbang dial up via bluetooth (lagi pula saya masih menggunakan versi Demo)

7. Kirikae: untuk menampilkan aplikasi-aplikasi yang sedang di multi tasking (termasuk mematikan, dlsb). Software ini pasangannya Backgrounder.

Paling tidak, beberapa software di atas telah menjadikan iPod saya tidak hanya menjadi pemutar musik, plus buat main game, tapi juga bisa menjalankan fungsi layaknya iPhone seperti layanan teleponi dan layanan GPS dan Navigasi.

Paling tidak sekarang, iPod bisa dibawa kemana-mana, dan tetap bisa terkoneksi, sehingga lebih berfungsi :)


http://blog.andrisetiawan.com/2010/05/06/membuat-ipod-touch-menjadi-iphone/

1 comments:

Henry Hanson said...

Very thoughtfuul blog

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles