Thursday, October 7, 2010

Ciri Khas Ponsel Buatan China

Pasar ponsel tanah air belakangan ini dibanjiri oleh ponsel-ponsel buatan negeri tirai bambu, China. Ponsel-ponsel itu menawarkan berbagai macam fasilitas dan fitur-fitur sebagai penarik perhatian calon pelanggannya. Selain itu berbagai macam cara dilakukan guna memasarkan ponsel tersebut di Indonesia. Setidaknya ada 4 cara untuk memasarkan ponsel-ponsel yang terkenal akan harganya yang miring ini. Berikut adalah keempat metode pemasarannya :

1. Ponsel yang dirakit di Indonesia dengan spare part dari China. Nexian merupaka merk yang melakukan cara jenis ini.
2. Memberi brand tertentu yang dibuat oleh perusahaan lokal. Ponsel benar-benar buatan China tetapi diberi merk lokal dalam pemasarannya. Contoh merk pada jenis ini adalah HiTech, K-Touch dan Startech.
3. Brand asli dari China yang dipasarkan secara resmi oleh distributor local. Contoh ponsel yang menggunakan metode ini untuk penjualannya adalah ZTE atau Huawei.
4. Ponsel yang dijual tanpa garansi dari distributor lokal. Ponsel jenis ini biasa menggunakan merk yang dibuat mirip seperti vendor ponsel terkenal, contohnya Nckia dan CECT.

Sedangkan jenis-jenis ponsel China yang beredar di pasaran antara lain:

1. Ponsel Dual SIM Card
Ponsel ini mengandalkan fitur dual SIM Card sebagai nilai tambahnya. Pada tipe ini terdapat dua jenis ponsel, yaiu GSM-GSM dan GSM-CDMA. Sejauh ini belum tersedia dual SIM CDMA-CDMA. Pada awalnya ponsel ini menerapkan sistempengaktifan salah satu SIM. Namun belakangan mereka menggunakan sistem dua SIM card aktif sekaligus.

2. Analog TV Phone
Ponsel-ponsel jenis ini telah dilengkapi TV tuner sebagai saran hiuran TV bagi penggunanya. Ponsel ini tidak memerlukan pulsa untuk menikmati fitur TV.

3. Touchscreen
Meskipun belum termasuk kelas smartphone atau PDA, terdapat ponsel yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh atau touchscreen sebagai fitur andalannya. Hampir semua ponsel China menjalankan OS native, sistem operasi yang mungkin berbasis Java.

4. Tiruan Ponsel Vendor Ternama
Desain ponsel China jenis ini benar-benar persis dengan ponsel aslinya. Tetapi jika dinyalakan akan terlihat jelas perbedaannya. Fitur dan sistem operasi yang akan memperlihatkan jarak antara ponsel China dan ponsel yang ditirunya. Contoh ponsel China kategori ini adalah Nokla atau Nckia yang mirip Nokia, atau Suny Ericssom yang dimiripkan dengan Sony Ericsson.


http://www.ponsel.org/ciri-khas-ponsel-buatan-china/

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles